Minggu, 10 April 2011

DIAGNOGSA KESEHATAN LEWAT KUKU

PERNAHKAH Anda menyadari warna kuku terlihat aneh? Kebanyakan dari kita sesekali menghadapi masalah kuku, maka Anda tak perlu panik. Tetapi jika kuku Anda secara konsisten terlihat aneh, ini dapat menjadi indikator masalah kesehatan dan ada baiknya diperiksakan ke dokter.
Simak tujuh sinyal coba disampaikan kuku terhadap kesehatan Anda, seperti diulas Allwomenstalk.

Kuku berwarna pucat

Seiring bertambahnya usia, warna kuku menjadi lebih terang, pink pucat dibanding saat kita remaja. Namun, kuku yang tiba-tiba pucat daripada sekian pekan ke belakang, juga dapat menunjukkan lebih banyak masalah serius, seperti anemia, jantung, atau penyakit hati.


Kuku berwarna kuning

Jika kuku Anda berwarna kekuningan, bisa berarti kuku Anda terlalu lama memakai cat kuku atau Anda mengalami infeksi jamur. Tenang, kebanyakan infeksi jamur kuku dapat dengan mudah diobati.

Kuku berwarna kebiruan

Kuku berwarna kebiruan biasanya menunjukkan masalah dengan oksigen dalam tubuh, paling sering menyebabkan penyakit paru-paru atau diabetes. Hal ini juga bisa berarti Anda hanya kedinginan.


Kuku berlubang


Pernahkah Anda melihat lubang kecil di kuku Anda? Sering kali, hanya karena Anda melukai kuku saat tumbuh. Tapi jika lubang tersebut banyak, ini bisa menjadi tanda awal psoriasis atau bahkan arthritis.

Kuku pecah dan terbelah


Jika kuku Anda selalu retak, terbelah, atau lapisannya mengelupas, ini bisa menjadi indikasi yang cukup jelas dari penyakit tiroid. Tes untuk mengetahui gejala sangat disarankan.


Kuku bengkak dan kutikula berwarna merah


Jika kutikula dan kuku Anda berwarna merah dan bengkak, ini dapat menjadi indikator lupus, gangguan jaringan ikat, atau penyakit lainnya. Juga, bisa berarti Anda telah melukai kutikula dengan remover cat kuku beralkohol keras.


Warna biru-hitam atau ungu-hitam pada garis di bawah kuku


Ini bisa merupakan masalah serius, karena biasanya merupakan indikator kanker kulit melanoma. Sangat disarankan untuk Anda segera memeriksakan diri ke dokter, karena deteksi dini melanoma dapat berarti perbedaan antara hidup dan mati.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar